"Cegah Covid 19 Bersama Kampung Tangguh Semeru ✍"
Bersatu Melawan Covid 19

Ayo Jaga Jawa Timur Bebas Covid 19 Bersama Kampung Tangguh Semeru

Assalamualaikum semuanya, Di era new normal ini benar-benar sangat dibutuhkan sekali sosialisasi dan sinergi dari semua pihak mulai dari masyarakat, kepala desa, tenaga medis dan pihak keamanan setempat.

Dengan dibentuknya kampung tangguh semeru diharapkan penyebaran virus covid 19 dapat diatasi dan diminimaisir sedini mungkin khususnya jawa timur.

Seperti yang kita ketahui bahwa penyebaran virus covid 19 di jawa timur mulai menyebar dengan cepat dikarenakan kurangnya kesadaran dari induvidu masing-masing maka Kapolda jawa timur telah melaunchingkan Kampung Tangguh Semeru diharapkan setiap induvidu maupun kelompok dapat melaksanakan apa itu tujuan KTS dengan baik.

Menarik sekali ya yuk kita lanjut ke pokok pembahasan.

Apa Itu Kampung Tangguh Semeru


Kampung Tangguh Semeru. Jadi kampung tangguh semeru itu salah satu program dari Polda Jawa Timur yang bertujuan untuk melawan dan memutus mata rantai penyebaran Covid 19 yang ada di Jawa Timur, Program ini dilakukan dan dimulai dari lingkup paling kecil yaitu tingkat desa.

Program ini tidak hanya sebatas melawan Covid 19 tetapi juga dimaksudkan untuk saling membantu, gotong-royong dan juga mencari gagasan baru ide-ide dan solusi untuk mengatasi beberapa warga yang memiliki keterbatasan ekonomi.

Contoh Kampung Tangguh Semeru bisa dilihat di bawah ini :



Tujuan Kampung Tangguh Semeru


Tujuan dibentuknya kampung tangguh semeru adalah menyadarkan kepada semua pihak bahwa betapa bahayanya virus covid 19 ini maka dari itu semua pihak dapat mengikuti program  kampung tangguh semeru dengan menaati protokol dan aturan kampung tangguh semeru agar upaya memutus mata rantai covid 19 di jawa timur bisa teratasi secara maksimal.

Kampung Tangguh Semeru Sangat Efektif


Ya tentu saja program kampung tangguh semeru ini sangat efektif dikarenakan di dalam program tersebut para pihak keamanan, tenaga medis, warga dan kepala desa/RT juga turut bersinergi untuk mensukseskan nya.

Selain itu program nya juga sangat terstruktur dan semua pihak dapat melakukanya dengan mudah, Misalnya :

  • Bagi warga yang kurang mampu mendapat bantuan yang tersedia di RW dan yang bagi warga yang memiliki keterbatasan ekonomi dapat memebeli sembako dengan harga murah.
  • Dan terdapat pula fasilitas rumah bagi yang ODP dan ODR.
  • Terdapat tenaga medis dan alat pengecekan suhu tubuh.
  • Ada juga sebagian yang ada alat rapid test.

Kegiatan dan Fasilitas Kampung Tangguh Semeru


Ada pun beberapa kegiatan kampung tangguh semeru dalam memutus mata rantai covid 19 dan menjaga agar warga tetap produktif selama masa pandemi, diantaranya yaitu :

  • 1. Selalu memakai masker jika keluar rumah.
  • 2. Setiap warga wajib Menyediakan tempat cuci tangan dengan sabun maupun hand sanitizer.
  • 3. Menerapkan pola hidup bersih dan sehat.
  • 4. Melakukan penyemprotan disinsektifikan rutin.
  • 5. Membagikan bantuan seperti sayur/beras disetiap sudut tempat.
  • 6. Membuat kerajinan seperti masker yang nantinya dibagikan kepada para warga setempat.
  • 7. Selalu bersosialisasi dan mencari gagasan baru untuk menunjang berhasilnya kampung tangguh.
  • 8. Membagikan sembako dan menyediakan sembako murah.
  • 9. Terdapat rumah bagi ODP dan ODR. 
  • 10. Terdapat alat cek suhu tubuh bagi dan juga alat rapid test.DLL.

Saran dari saya untuk Kampung Tangguh Semeru


Sebagai warga saya mempunyai beberapa saran tambahan untuk program kampung tangguh semeru, Tentu saja saran saya ini hanya sebuah saran yang mungkin dapat membantu upaya keberhasilan dari kampung tangguh semeru, Berikut adalah saran saya :

Mengubah Selokan/Got menjadi tempat budidaya ikan

Tentu saja ini tidak mudah namun jika dilaksanakan dan dipirkan terlebih dahulu mungkin akan bisa mendapatkan banyak manfaat, Pertama-tama setiap warga melakukan gotong royong dan membersihkan selokan/got.

Setelah semuanya bersih dan beberapa perlengkapan budidaya sudah dipasang maka sudah siap yang tadinya hanya selokan biasa sekarang menjadi tempat budidaya warga.

Dengan budidaya ikan diselokan ini tujuanya adalah agar warga mendapatkan tambahan pasokan pangan maupun tambahan penghasilan, Selain itu ada juga manfaat yang bisa kita ambil dari budidaya ini yaitu tempat jadi bersih terhindar dari nyamuk yang secara tidak langsung kita juga mencegah penyakit DBD.

Ya ini hanya saran saja tetapi semoga dibeberapa kampung tangguh dapat menerapkan dan mencoba.

Sebagai refrensi merubah selokan menjadi tempat bididaya ikan bisa lihat video ini :


Membuat taman hidpronik ataupun polybag

Mungkin saran saya ini bisa dicoba, Menanam di hidroponik/polybag disetiap sudut kampung tangguh dengan tujuan hasil dari tanaman ini bisa diambil dan dipanen oleh semua warga kampung tangguh yang membutuhkan untuk dikonsumsi.

Selain itu bisa juga mencoba membangunkan lahan yang tertidur menjadi taman tanaman herbal agar semua warga tidak perlu lagi bingung saat mencari obat-obatan.

Sehingga dapat menghemat warga dalam kebutuhan sehari hari, selain itu juga dapat menghijaukan dan mengindahkan pemandangan hehe.

Sebagai Refrensi bisa melihat video dibawah :


Penutup


Mungkin hanya itu yang bisa saya sampaikan seputar Kampung Tangguh Semeru.

Semoga saja dengan adanya #kampungtangguhsemeru Jawa Timur bisa bebas covid 19 secepatnya dan Kampung Tangguh Semeru tetap ada untuk selalu bersinergi, Ayo semuanya jaga jawa timur bareng-bareng dengan mematuhi aturan protokol yang sudah ada. 😍  waalaikumsalam. #KampungTangguhSemeru

Ditulis Oleh : Ayo Jaga Jatim Dan Kampung Tnagguh Semeru

Anda sedang membaca sebuah artikel yang berjudul Ayo Jaga Jawa Timur Bebas Covid 19 Bersama Kampung Tangguh Semeru, Semoga artikel tersebut bermanfaat untuk anda, Mohon maaf apabila konten yang anda baca rusak atau salah dalam penulisan. Jika ada pertanyaan, kritik, dan saran yang ingin di sampaikan silahkan tulis di kotak komentar

:: Terima Kasih ! ::

Related Posts:

10 Responses to "Ayo Jaga Jawa Timur Bebas Covid 19 Bersama Kampung Tangguh Semeru"

  1. Informasi yang sangat bermanfaat ini merupakan sinergi yang luar biasa kapan lagi ada pihak yang sekomplit ini mau berkolaborasi, Semoga aja sampai pandemi usai masih terus bergerak dan ada kampung tangguh semeru.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakaih sudah mampir dan berkomentar, Semoga saja pandemi covid 19 yang di jawa timur cepat usai setelah adanya kampung tangguh semeru, Jangan lupa tetap jaga kesehatn dan pakai masker ya!. :)

      Hapus
  2. Sangat menginspirasi, kalau ini bisa diterapkan didesa desa di seluruh Indonesia, selain sungai bersih, juga dapat menumbuhkan perekonomian dibidang pertanian dan perikanan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul pak ucok, Semoga saja bisa diterapkan didaerah lain juga, Jangan lupa jaga kesehatan juga ya sellau pakai masker :)

      Hapus
  3. semoga wababh ini segera berakhir.. dan masyarakat patuh sama protokol yang telah di berikan oleh pemerintah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin, Tentunya semua patuh pada protokol karena didalamnya ada sinergi yang kuat, Selalu jaga kesehatan ya pak sutoro! jangan lupa pakai masker selalu. :)

      Hapus
  4. Mantap banget ya jawa timur gercep banget dalam menangani virus covid 19, Oh ya ide nya menarik banget itu yang mengubah selokan menjadi budidaya ikan kayaknya selain dapat membantu bahan pangan juga dapat menjadi daya tarik bagi para wisatawan hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya dong mbk angelina, Tentunya semuanya harus gercep juga dalam upaya memutus mata rantai virus covid 19 ini agar semua segera cepat teratasi dan hidup normal kembali.

      Hapus
  5. Patut di contoh di semua wilayah indonesia nih ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul semoga yang lain segera menyusul menerapkan kampung tangguh :)

      Hapus